Pengikut

Tips sebelum bertanding

Barangkali reader disini ada yang mau mengikuti PORDA (Pekan Olahraga Daerah) ataupun mau mengikuti kejuaraan yang lebih tinggi seperti PORN ehh maksudnya PON (Pekan Olahraga Nasional)

Setiap orang yang pernah bertanding, pasti mengerti banyak sekali perbedaan saat dia sparring dengan bertanding. Seperti saat bertanding tidak bisa rileks, gelisah, dan banyak hal lagi

"Mangkanya harus ada persiapan dulu, jangan sampai di ari ha-nya baru, baru sibuk siap-siap". Yap itulah kata yang sering dibilang guru/shifu kita.

Kata itu memang benar sob. Orang yang sudah melakukan persiapan saja, belum tentu menang, apa lagi yang belum ada persiapan sama sekali. Kali ini saya akan coba membantu anda tips sebelum bertanding.

Di dalam tips ini terdapat 2 faktor :
1. Mental
Hal ini biar pas perasaan kita saat bertanding nanti jadi enak tanpa ada perasaan yang menghalangi. Seperti hidung kita yang bebas dari upil.
2. Fisik
Fisik agar anda bertanding dengan kondisi yang prima.

1. Mental
A. Mintalah doa restu orang tua
Mintalah doa restu orang tua anda sebelum bertanding. Agar anda semangkin yakin kalau anda akan menang.

B. Komitmen untuk bertanding dan menang
Sebelum bertanding, ada baiknya kalau di dalam diri pemain, harus ada komitmen untuk menang, sebelum masuk kelapangan. Dengan adanya komitmen maka akan menyatukan semua visi permain, agar sukses meraih misi, yaitu menang dalam bertanding

C. KALAHKAN RASA TAKUT
Yap, banyak sekali orang yang kesulitan untuk mengalahkan rasa takutnya. Apakah anda tahu, banyak sekali atlet yang gemetaran melawan lawannya, padahal lawannya sendiri gemetaran melawannya. Ayolah anda harus bisa mengalahkan rasa takut anda.

Jangan terlalu banyak berpikir anda akan kalah, dipermalukan dll. Tarik nafas anda dalam dalam. Kemudian buang perlahan. Ulangi 4x. Kalau anda belum tenang ulangi lagi sampai anda tenang.

Sekarang coba bayangkan muka anda. Bagaimana tampangnya, tampang pecundangkah. Tentu saja tidak bukan.

Coba lagi pikirkan, apa yang terjadi kalau anda menang. Menyenangkan bukan

Tarik nafas yang dalam. Kemudian buang secara perlahan. Ulangi 2x. Jadi ingatlah kalau anda bukan pecundang tapi seorang pendekar yang tanggung.

D. Mempersiapkan perlengkapan
Kemasi perlengkapan pribadi anda sendiri, jauh hari sebelum bertanding. Terutama perlengkapan bertanding seperti seragam, decker, handuk, tempat minum, dll.

2. Fisik
A. Jaga kesehatan dan berat badan
Kesehatanlah yang paling penting, karena sekuat apapun orang tapi kalau tidak sehat, tidak akan bisa kuat. Jaga juga berat badan agar tidak melambung tinggi karena selain memperlambat gerak, beberapa peraturan beladirikan kelasnya dibagi atas berat badan.

B. Latihlah power, stamina, speed, dll
Tanyalah guru/shifu anda, agar anda lebih paham. Atau anda cara blog yang pembahas pelatihan diatas. Yahh seperti blog ini sob.

C. Membiasakan diri sparring.
Semangkin seorang pemain terbiasa dengan situasi sparring, semangkin baik performancenya dan semangkin tenang pemain dalam setiap fight yang dilakukan. Tidak setiap sparring harus full power. Kita bisa juga melatih sparring dengan batasan. Gunanya kita bisa lebih fokus melatih teknik - teknik tertentu selain untuk menghindari resiko.

Saran : Cari teman/partner yang bisa diajak kerja sama saat latihan sparring. Anda bisa menetapkan rules sparring yang dilakukan. Misalnya, sparring dibatasi dimana salah satu partner yang menyerang dan yang lain hanya boleh block dan counter ataupun sekalian berbagi tips.

Sparring tebaras ini bisa lebih bermanfaat untuk latihan dengan berbagai partner yang berbeda sabuk/skill , maupu perbedaan fisik dari pada full power sparring

Perhatian : Tidak boleh saling ejek mengejek, karena dikhawatirkan akan berantem betulan.hehe

D. Share hasil latihan anda di comment
Apa salahnya kalau kita saling berbagi ilmu.Berbagi itu kan indah:peace:

==========================================================================
Saran kami jual Dvd beladiri terbaik yang mengajarkan anda dari awal sampe master + Murah + Update terus
Kunjungi : http://kask.us/hImN8 atau anda bisa ke blog ini http://dvd-beladiriku.blogspot.com/

Mungkin anda pernah belajar beladiri dari DVD tapi, sering kecewa dengan dvd yang anda beli.Yah,Saya pernah seperti anda.Belajar beladiri dari dvd, tapi sulit sekali menemukan dvd yang pas dan pantas ditirukan.Bahkan yang lebih mirisnya lagi, ternyata banyak dari penjual yang tidak tahu apapaun soal beladiri.
Belajar dari situ saya sering mencari beladiri terbaik dari dvd, dan akhirnya saya bangga mempersembahkan kepada anda dvd beladiri kami


Beberapa kelebihan Dvd :
1. Termasuk dalam dvd beladiri terbaik.
2. Mudah dipahami
3. Pembelajaran dari awal sampai master
4. Kami akan memberikan keterangan video yang jelas. Tidak seperti kebanyakan penjual yg menjual dvd wing chun bergambar ip man, padahal bukan aliran ip man, atau Jeet kune do yang bergambar bruce lee padahal bukan gaya asli.
Kami menjual dengan keterangan lengkap dan jelas.
5. Kualitas video sama dengan yang asli
6. Banyak bonusnya

Kami memang tidak banyak menjual dvd beladiri. Tapi kami hanya jual dvd beladiri yang berkualitas yang mengajarkan anda baik seorang pemula ataupun membantu karir beladiri anda 

Mulai saat ini Jangan mau menghabiskan uang dan waktu anda dengan dvd yang ga jelas.

NB : Buruan beli dan kumpulkan point anda sekarang.Kami akan memasukkan nama anda ke data kami, dan tukarkan dengan kaset yang anda minta gratis (tidak termasuk ongkir)
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment